Materi Aplikasi Teknologi Informasi II
1. Membangun
Koneksi Internet
Koneksi Internet : dapat didapat
melalui penyedia layanan internet.
Parameter koneksi
internet :
·
Berbasis volume :
Koneksi internet disediakan berdasarkan volume data yang dikirimkan.
·
Berbasis waktu : Koneksi internet disediakan berdasarkan
waktu yang digunakan.
·
Tidak terbatas : Koneksi internet tidak dibatasi volume
dan waktu pengunaan.
Selain 3 parameter
juga memiliki 2 kecepatan internet :
1.
Downloading : Kecepatan pengiriman data dari penyedia
layanan ke pengguna
2.
Uploading : Kecepatan pengiriman data dari
pengguna ke penyedia layanan.
Perangkat koneksi
internet
1.
Modem berfungsi untuk
mengubah sinyal dari computer untuk ditranmisikan ke jalur internet
2.
Router berfungsi untuk menghubungkan lalulintas data
dari dalam jaringan.
3.
Hub bergungsi untuk
untuk meghubungkan beberapa computer dalam satujaringan.
2. Menggunakan
Mesin pencari
Search
engine adalah situs yang sering kita kunjungi. Saat kita ingin mencari suatu
informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search Engine atau situs mesin
pencari yang paling dikenal saat ini adalah om Google. Tapi selain itu masih
banyak lagi search engine yang ada di dunia. Saya akan menjelaskan beberapa
diantaranya beserta keunggulan dan kelemahannya.
1. Google (http://www.google.com)
Google
merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian
Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
·
Kelebihan
:
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih dengan fitur yang
dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin
pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat
waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti
gambar, berita artikel, hiburan dll.
·
Kekurangan
:
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya,
ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan
iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada
pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2.
Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo
ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale,
California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya,
serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo!
News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan
periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.
Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.
Yahoo!
adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo!
Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku),
ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota
karena cuti besar.
·
Kelebihan
:
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai
oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu
fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali
dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
·
Kekurangan
:
1. Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
2. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak
bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
3. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga
kadang-kadang disalah gunakan
4. Fitur Y!M masih sangat kalah jauh
dengan IM keluaran windows
5. Skin untuk Y!M masih sangatlah simple,
tak seperti IM yang ada cukup banyak
3.
MSN (http://search.msn.com)
Microsoft
Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft.
Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem
operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download
IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.
Mesin
pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci
maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah
menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai
mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image,
atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian
pekerjaan, rumah.
·
Kelebihan
:
1. Mampu mencari video, musik, gambar, dan
beragam format file spesial.
·
Kekurangan
:
1. Pencarian dibutuhkan waktu yang lama
sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara
iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya
dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4.
Bing (http://www.bing.com)
Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN
Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil
keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing
merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin
pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN
Search.
Mesin
pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve
Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan
secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya,
yaitu Live Search.
Bing
diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli
Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan
kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive,
Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori,
yaitu:
1. Web untuk pencarian halaman situs atau
website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa
yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada
tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana
Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search
diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada
Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru,
dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih
relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger”
ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012,
Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah
sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk
mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
5.
Altavista (http://www.altavista.com)
Altavista merupakan search engine yang cukup terkenal dimata
dunia. Suatu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Di
altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video,
berbelanja online, aplikasi, dan berita.
AltaVista
diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research
Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan
tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang
siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier ,
yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama
AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo
Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada
tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Keunggulan
AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin
pencari.
·
Kelebihan
:
1. Keunggulan dalam hal pencarian halaman
web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun
Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu menetapkan berapa umur
maksimal yang akan ditampilkan.
·
Kekurangan
:
1. Dalam hal pencarian data yang kurang
bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak
ada kaitannya dengan tema yang dicari.
6. Ask (http://www.ask.com)
Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan”
adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener
dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara
detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk
menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki
hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna
mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak
jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka
user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju
hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di
katagorikan dalam web, images, dsb.
Ask.com
awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman
pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan.
Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya
Wodehouse PG.
Ide
asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta
kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini,
dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.
Situs
mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa
manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini
berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan.
Ask
merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar,
document, video, refrensi, dan berita.
·
Kelebihan
:
1. Keunggulan utamanya adalah ia akan
mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
2. Keunggulannya adalah ia akan mencari
situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
3. Lebih canggih dan akan menampilkan lebih
banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan
Yahoo!
4. Background dari mesin pencari Ask.com
ini bisa diganti-ganti
·
Kekurangan
:
1. Databasenya kecil
2. Fitur kurang lengkap
3. Dari segi tampilan di tinjau biasa saja
karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
4. Pencarian kata tidak ada filtering
sehingga data yang tidak dicari semua diambil
5. Tidak adanya pengelompokkan data
khususnya dalam pembukaan gambar.
3. Mengembangkan
Web Site
Pengembangan web site terdiri atas 4
cara :
1.
Mendaftarkan nama
domain
2.
Hosting
3.
Instalasi
4.
Pengelolaan
Pendaftaran
nama domain dapat dilakukan melalui pengelola nama domain internet Indonesia (www.pandi.or.id)
atau melalui penyedia layanan hosting.
Hosting
dilakukan melalui penyedia layanan hosting, pengembang web harus memperhatikan
kapasitas ruang penyimpanan yang disediakan, dan bandwidth yang disediakan
untuk memenuhi kebutuhan webnya.
Instalasi
web,instalasi web dilakuakan melalui beberapa tahap, yaitu :
1.
Login ke control
panel menggunakan browser.
2.
Scroll down dan cari
bagian Software.
3.
Pilih pada bagian
blog lalu pilih woerpress.
4.
Pilih menu install
5.
Tentukan konfigurasi
software setup.
6.
Klik tombol install
dan tunggu 100%
7.
Instalasi selesai
Fungsi-fungsi menu
untuk mengelola web :
1.
Post berfungsi untuk
melihat judul judul artikel yang sedang dipublish
2.
Media
3.
Link berfungsi untuk
menghubungkan diri dengan alamat web.
4.
Pages berfungsi untuk
membuat laman baru.
5.
Comment berfungsi
untuk mengatur komentar-komentar yang masuk dapat disaring terlebih dahulu
sebelum dipublish
6.
Apperace berfungsi
untuk mengatur jenis tampilan atau theme pada bog yang dibuat.
7.
User berfungsi
untuk memberikan kekuasaan kepada admin
untuk memberikan wewenang kepada bebebrapa pengguna yang dapat melakukan proses
pengembangan secara bersamaan.
8.
Plugin berfungsi
untuk meninkatkan kinerja web yang dikembangkan.
0 komentar:
Posting Komentar